PERILAKU
KONSUMEN
SOFTSKILL
NAMA : FERA HERNAWATI
KELAS : 3EA18
NPM : 12212892
TUGAS : Kasus dalam kehidupan Sehari-hari
Tentang
Perilaku Konsumen Dalam Hal Membuat Keputusan
Untuk Membeli Barang dan Jasa Beserta Contoh Yang Nyata
STUDI KASUS 1
CONTOH KASUS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
INFORMASI
Berjalanya waktu makin pesatnya perkembangan
teknologi informasi saat ini, penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari
semakin penting. Komputer saat ini bukanlah kebutuhan tersier tapi seperti
sudah menjadi kebutuhan sekunder masyarakat. Pengguna komputer kini makin
berkembang. Tidak hanya orang dewasa namun pelajar dan anak-anak sudah paham
dengan pemakaian komputer.
Trend yang berkembang saat ini adalah komputer
jinjing atau yang lebih dikenal sebagai notebook atau laptop. Dengan adanya
notebook, masyarakat dapat lebih simpel menggunakan komputer di luar rumah atau
kantor. Notebook membantu masyarakat yang mengharuskan bekerja dengan komputer
namun dengan tingkat mobilitas yang tinggi.
Dengan makin tingginya frekuensi permintaan
dan penggunaan notebook oleh masyarakat, banyak produsen komputer memanfaatkan
peluang untuk memproduksi notebook, dengan berbagai macam merek dan
spesifikasi. Merek-merek notebook yang sudah awam di telinga masyarakat seperti
HP, DELL, Asus, Acer, Lenovo, Toshiba, Axioo, MSI, Apple, dan masih banyak
lagi.
Dari kondisi tersebut di atas, dan semakin
tingginya tingkat pendidikan dan kebutuhan masyarakat, maka membawa pengaruh
terhadap perilaku konsumen dalam pembelian laptop. Di samping itu konsumen
memiliki kebebasan dalam memilih produk. Untuk itu produsen memerlukan strategi
dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian
suatu produk.
Dalam melakukan pembelian, konsumen tidak
terlepas dari karakteristik produk baik mengenai penampilan, spesifikasi, dan
harga dari produk tersebut. Selain itu, faktor sosial juga berperan penting.
Faktor sosial dalam hal ini adalah dorongan teman atau keluarga. Faktor promosi
perusahaan juga berperan penting
PENDAPAT DAN SARAN :
Seharusnya para konsumen jangan gampang terpengaruh
oleh beberapa factor dan struktur itu sendiri untuk memilih atau membeli barang
tersebut, karna dapa t merugikan konsumen sendiri jika terjadi penipuan atas
barang yang ingin di beli , konsumen harus lebih teliti dalam membeli dan
memilih barang yang ingin di beli agar tidak hanya ikut ikutan teman atau
lingkungan sekitar dan konsumen juga harus mencari tahu tentang kualitas produk
yang ingin di beli konsumen
Agar dapat mengetahui manfaat dan kualitas produk
barang itu sendiri , dan merk barang pun sangat mempengaruhi konsumen ,brand
merk yang terkenal berkualitas sangat mempengaruhi konsumen untuk membeli
barang tersebut semakin brand merk itu terkenal semakin banyak peminatnya .
STUDI KASUS 2
Contoh
Studi kasus pada pemilihan penggunaan alat tulis
Pilot dan standard merupakan jenis
pulpen yang paling sering digunakan oleh konsumen terutama oleh kalangan
pelajar. Namun seiring berkembangnya industri pulpen, muncul berbagai merek
pulpen lainnya yang memiliki ciri khas masing-masing. Sehingga diperlukan
strategi pemasaran untuk mengahadapi persaingan-persaingan yang bermunculan.
Salah satunya adalah dengan menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana proses konsumen
memutuskan pembelian pulpen dan membandingkan bagaimana preferensi konsumen
terhadap atribut-atribut pulpen yang terdapat pada pulpen pilot dengan stndard
techno, baik dari tingkat kepentingannya maupun tingkat kepercayaannya.
Penelitian ini dilakukan di Bogor, yaitu di kampus IPB Dramaga, dengan
menggunakan disain survey. Responden yang diambil adalah 20 orang pelajar
dengan melakukan wawancara tertulis yaitu kuesioner. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian pulpen dimulai pada proses
pengenalan kebutuhan, proses pencarian informasi, evaluasi alternative,
keputusan pembelian, dan evaluasi hasil pembelian. Hasil penelitian menunjukan
bahwa 60 % responden memilih dorongan dari teman merupakan faktor utama yang
mempengaruhi dalam pengambilan keputusan.
Sedangkan berdasarkan preferensinya,
perbandingan atribut pulpen pilot lebih baik ketimbang pulpen standard.
Hal tersebut dapat dilihat
dari nilai model Fishbien dimana pulpen pilot lebih tinggi atau lebih positif
(+7,4175) dibanding pulpen standard techno (+4,645).
PENDAPAT DAN SARAN:
Dalam menentukan pilihannya konsumen dipengaruhi oleh
berbagai hal seperti faktor pschology, sosial budaya, maupun faktor brand itu
sendiri. Dalam studi kasus pemilihan pulpen tersebut diatas menunjukkan
bahwa konsumen memulai dengan pengenalan kebutuhan, proses pencarian informasi,
evaluasi alternative keputusan pembelian, dan evaluasi hasil pembelian. Oleh
sebab itu tidak bisa disebutkan faktor mana yang lebih penting dalam menentukan
perilaku konsumen untuk memilih suatu produk karena peranan intern dan
ekstern (keadaan individu itu sendiri,lingkungan dan marketing) secara
bersamaan mempengaruhi perilaku konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar